Sabtu, 04 Mei 2013

Cloud Computing


Cloud computing adalah kumpulan dari beberapa computing resources yang terintegrasi menjadi satu dan di-delivered melalui web. Cloud computing juga didasarkan pada teknologi grid computing, yaitu membuat skalabilitas suatu sistem computing menjadi sangat besar dengan cara menggabungkan beberapa computing resources menjadi satu resource. Bisa dikatakan cloud computing adalah grid computing + virtualisasi.
Keuntungan yang dapat dilihat dari perkembangan Cloud Computing ini, seperti :
 1.    Lebih efisien karena menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya
 2.   Membuat lebih eglity, dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat
 3.   Membuat operasional dan manajemen lebih mudah, dimungkinkan karena system pribadi atau perusahaan yang terkoneksi dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah
 4.   Menjadikan koloborasi yang terpecaya dan lebih ramping
 5.   Membantu dalam menekan biaya operasi biaya modal pada saat kita meningkatkan reliability dan kritikal sistem informasi yang kita bangun.

Contoh aplikasi berbasis cloud computing adalah salesforce.com, Google Docs. salesforce.com adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis software as services, dimana kita bisa mengakses aplikasi bisnis: kontak, produk, sales tracking, dashboard.
Google Docs adalah aplikasi word processor, spreadsheet, presentasi semacam Microsoft Office, yang berbasis di server. Terintegrasi dengan Google Mail, file tersimpan dan dapat di proses dari internet.
contoh aplikasi berbasis Cloud Computing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar