Sabtu, 10 Desember 2011

KOMUNIKASI



PENGERTIAN KOMUNIKASI :
Komunikasi adalah kegiatan menyampaikan bermakna informasi . Komunikasi memerlukan pengirim, sebuah pesan , dan penerima pesan yang dituju, meskipun penerima tidak perlu hadir atau menyadari maksud pengirim untuk berkomunikasi pada saat komunikasi; demikian, komunikasi dapat terjadi melintasi jarak yang luas dalam ruang dan waktu. Komunikasi mensyaratkan bahwa pihak-pihak berkomunikasi berbagi area kesamaan komunikatif.

Unsur komunikasi
Pengirim
Pertama dan terpenting adalah orang yang mengirim pesan. Dikenal sebagai pengirim dalam jargon dari komunikasi, dia adalah inisiator utama dari komunikasi apapun.Bahkan komunikasi tidak mungkin terjadi jika ada ada pengirim.Pengirim dapat tunggal atau jamak juga. Itu semua tergantung pada sifat komunikasi.Jika seorang guru adalah memberikan kuliah, itu merupakan kasus pengirim sebagai satu individu.terdiri dari banyak ini terjadi ketika sekelompok orang berteriak bersama-sama, atau lebih dari satu orang menyanyikan sebuah lagu sebagai paduan suara.
Pesan
Ketika pengirim - sumber komunikasi, memutuskan untuk berkomunikasi ia / dia mengkodekan inti dari perasaan dalam kata-kata / sikap atau bentuk lain yang biasa dipahami.Bentuk disandikan disebut
pesan
Ini mungkin sebuah kata yang sederhana atau sangat kompleks integrasi dan teknis perasaan oleh sumber pada diberikan subjek.
Saluran
Tidak ada pesan cepat diciptakan oleh pengirim, itu masuk dalam saluran.Saluran merupakan bagian dari
proses komunikasi yang membantu membawa pesan ke tujuan yang diinginkan.Dalam hal kata-kata tercetak
kertas saluran, dalam hal suara udara dapat berfungsi sebagai saluran.Dalam percakapan lewat telepon kawat dan set membuat saluran. Beberapa kali saluran itu sendiri menjadi bagian dari pesan dan kadang-kadang pesan dikirim dalam cara yang bagian dari itu berfungsi sebagai saluran.
Penerima
Proses komunikasi mungkin tidak lengkap jika pesan tidak mencapai seseorang, atau
persons, orang, itu dirancang untuk. Penerima dalam proses ini adalah elemen yang adalah target dari pesan dan benar-benar menerima itu. Dimensi penerima sangat luas - mungkin bervariasi dari individu ke tentara orang-orang, atau sebuah bangsa atau semua bangsa. Sekali lagi, itu tergantung apa pesan.
Penerjemah
Menerima pesan dalam kebanyakan kasus adalah setengah proses komunikasi dilakukan Dalam kebanyakan kasus sebuah penerjemah diperlukan untuk memahami pesan sehingga tujuan komunikasi adalah
dilayani. Kebisingan selalu terjadi pada tahap ini.Kebisingan berarti bagian dari makna yang hilang dari aslinya
pesan. Hampir tidak ada pesan yang diterjemahkan, atau ditafsirkan persen persen
.
Tanggapan
Mengirim dan menerima pesan adalah proses simultan di mana penerima terus menerus
mengirimkan kembali persetujuan atau ketidaksetujuan setelah ditafsirkan pesan. Ini membantu pengirim untuk memodifikasi atau disiplin pesannya. Elemen dalam proses komunikasi ini disebut sebagai umpan balik. Misalnya sebuah
orang adalah memberikan pidato, suara, gerak tubuh dan ekspresi wajah - semua bagian dari umpan balik, akan membantu pembicara untuk memeriksa kenyaringan nya, tersenyum, retorika, isi atau waktu untuk berbicara. Jika tidak ada umpan balik, yang asli
pesan mungkin tidak pernah sesuai bentuk yang dapat merusak seluruh latihan komunikasi
.
Konteks
9 9
Setiap pesan yang disampaikan dan diterima dalam konteks tertentu. Perubahan faktor-faktor latar belakang dinotasikan sebagai konteks, dapat mengubah arti sama sekali. Konteks itu sendiri terdiri dari beberapa faktor masing-masingdari mereka menjadi penting ketika datang untuk interpretasi dari pesan asli.

Hambatan Komunikasi
  • Fisik (waktu, lingkungan, kenyamanan, kebutuhan, media fisik)
  • Budaya (perbedaan etnis, agama, dan sosial)
  • Perceptional (melihat apa yang dikatakan dari pola pikir Anda sendiri)
  • Motivasi (inersia mental)
  • Experiential (kurangnya pengalaman serupa)
  • Emosional (perasaan pribadi pada saat ini)
  • Linguistik (bahasa yang berbeda atau kosa kata)
  • Non-verbal (bukan-kata pesan)
  • Kompetisi (kebisingan, melakukan hal-hal lain selain mendengarkan)
  • Kata-kata (kami memberikan makna ke kata yang sering karena budaya - perhatikan perbedaan dalam arti "polisi" (kontras dibandingkan Berrien Springs Benton Harbor atau perspektif dalam kota) atau "anak" (kontras pria putih dengan perspektif laki-laki hitam )
  • Konteks (tinggi / rendah)
  • Tujuan (contoh: perhatikan perbedaan dalam komunikasi antara laki-laki versus perempuan, karena laki-laki itu laporan-bicara-bicara dibandingkan hubungan atau informasi dibandingkan ikatan
  • Gestures (gerak tubuh disalahpahami adalah penghalang utama lihat pembahasan bahasa non-verbal)
  • dialect Variasi dalam bahasa - aksen, dialek
  • ucapan sehari-hari
  • Berbagai bentuk atau alasan untuk interaksi verbal
Duel - melihat siapa yang bisa mendapatkan tangan atas (bermain puluhan)
Percakapan jawaban yg tepat - bergantian pendek daripada monolog
Ritual conversation
. Ritual percakapan - balasan standar dengan sedikit makna kata-kata sendiri (yaitu yang paling US salam)
Pengungkapan diri. Tingkat pengungkapan diri secara kultural ditentukan. Tidak semua budaya ingin memberikan informasi pribadi, beberapa ingin melakukan bisnis tanpa mengetahui orang lain sementara yang lain bersikeras pada pengetahuan penuh pertama.


Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi
1.      Dari segi sifatnya :
           a. Komunikasi Lisan
           b. Komunukasi Tertulis
           c. Komunikasi Verbal
           d. Komunikasi Non Verbal
2.   Dari segi arahnya
           a. Komunikasi Ke atas
           b. Komunikasi Ke bawah
           c. Komunikasi Diagonal Keatas
           d. Komunikasi Diagonal     Kebawah
           e. Komunikasi Horizontal
           f. Komunikasi Satu Arah
           g. Komunikasi Dua Arah
3.   Menurut Lawannya :
                             a. Komunikasi Satu Lawan   Satu
                             b. Komunikasi Satu Lawan   Banyak (kelompok)‏
                             c. Kelompok Lawan  Kelompok
4.   Menurut Keresmiannya :
           a. Komunikasi Formal
           b. Komunikasi Informal

SUMBER :
5.http://www.google.co.id/imgres?q=KOMUNIKASI&um=1&hl=id&client=firefox-a&sa=N&rls=org.mozilla:en-US:official&biw=1280&bih=834&tbm=isch&tbnid=m2G_6RnGq8OXjM:&imgrefurl=http://gkpsdenpasar.blogspot.com/2011/03/komunikasi.html&docid=yYNvikr_Fkb7sM&imgurl=https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxxdjmVnypWPzURFEciM3cjg06SgWxcH6c84sGC6Wv2aOFm-5o_Kp6h_83YM2dgkYGY9xg04VBryhY7hNyq5sJom68Jzi3ZvvaeilleC2_Rv1dN9LAbO9Fv6J5iKU7xC8z2vPL1ssNmqg/s1600/communication.gif&w=298&h=220&ei=mxzkTp69NsiHrAee0YibCA&zoom=1&iact=hc&vpx=633&vpy=351&dur=842&hovh=176&hovw=238&tx=142&ty=76&sig=118066523586036324282&page=1&tbnh=150&tbnw=203&start=0&ndsp=24&ved=1t:429,r:9,s:0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar